![]() |
Praktik Baik Sarah Mardiyah |
Assalamulaikum warohmatullah wabarokaatuh.
Hai sahabat hebat, kali ini kita akan membahas praktik baik belajar asyik memanfaatkan fitur Rumah Belajar Lab Maya Hukum Hooke menggunakan model pembelajaran Problem Based Learnig wujudkan Merdeka Belajar. Mengapa Hukum Hooke??? Karena materi hukum hooke ini sangat penting dan aplikatif di kehidupan nyata sehingga siswa harus benar-benar memahami konsep nya. Dan saya memilih model pembelajaran Problem Based Learning untuk memudahkan siswa memahami materi fisika yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari sehingga tepat guna. Siswa akan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya.
![]() |
Praktik Baik |
Ada beberapa yang dipersiapkan dalam merancang best practice yaitu perangkat pembelajaran. Saya membuat 1 set perangkat pembelajaran yang terdiri dari:
- RPP Hukum Hooke
- Bahan Ajar Hukum Hooke
- LKPD Hukum Hooke
- Media Pembelajaran Hukum Hooke
- Penilaian (Evaluasi) Pembelajaran
RPP
Dari 1 set perangkat pembelajaran itu, hal pertama yang dipersiapkan adalah RPP. Saya membuat RPP 1 lembar yang mengacu pada Permendikbud No 14 Tahun 2019 dimana diupayakan sesederhana mungkin cukup terdiri dari Tujuan Pembelajaran, Langkah Pembelajaran, dan Penilaian Pembelajaran. Berikut RPP yang saya buat :
Bahan Ajar
Perangkat yang saya persiapkan selanjutnya adalah Bahan Ajar. Saya membuat sendiri bahan ajar dengan memperhatikan kebutuhan, TPACK dan kompetensi 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, dan Creativity)
Berikut ini bahan ajar Hukum Hooke yang saya buat :
Media Pembelajaran
Sleanjutnya perangkat yang perlu kita persiapkan adalah Media Pembelajaran. Saya menggunakan Laboratorium Maya Hukum Hooke dari Portal Rumah Belajar. Lab Maya ini saya pilih karena sekolah saya SMAN 3 Tulang Bawang Tengah belum memiliki laboratorium fisika dan alat percobaan sehingga saya mencari laboratorium maya dari Rumah Belajar yang dapat menunjang pembelajaran materi Hukum Hooke ini. Selain itu saya membuat media presentasi agar memudahkan penyampaian pembelajaran
Berikut ini media pembelajaran Hukum Hooke yang saya buat :
Berikut Lab Maya Rumah Belajar - Hukum Hooke yang saya gunakan pada praktik baik ini :
LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
Penilaian
Setelah mempelajari materi dan melakukan percobaan. yang terakhir adalah menyiapkan penilaian/evaluasi baik dari aspek kognitif, psikomotor ataupun afekti.
Berikut ini penilaian yang saya persiapkan
Pelaksanaan Praktik Baik
Setelah semua perangkat dipersiapkan, saatnya kita melaksanakan praktik baik. Saya melakukan praktik baik ini di kelas XI IPA shift A yang terdiri dari 12 peserta didik, 2 siswa tidak hadir.
Diawali pada tahap pendahuluan dengan membuka pembelajaran, ketua kelas menyiapkan siswa lainnya untuk berdoa
![]() |
Ketua kelas memimpin doa |
Selanjutnya guru menanya kabar dan memberikan games agar peserta didik terpusat perhatiannya
![]() |
Games Pemusatan Perhatian |
Kemudian saya melakukan apersepsi (mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari). Siswa mampu mengingat materi sebelumnya yaitu GLB dan GLBB yang menjadi dasar materi ini.
![]() |
Kegiatan Apersepsi |
Selanjutnya peserta didik dimotivasi dengan menunjukkan penerapan materi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari yaitu ayunan bayi
![]() |
Memotivasi dengan menunjukkan penerapan materi yang akan dipelajari |
kemudian menyampaikan tujuan pembelajaran
![]() |
Menyampaikan Tujuan Pembelajaran |
Masuk ke kegiatan inti, kita menggunakan sintaks model pembelajaran Problem Based Learning.
1. Orientasi Masalah
Pada tahap ini, peserta didik diberikan masalah yang dekat dengan kehidupan sehari-hari yaitu kasur pegas. Bagaimana membuat kasur pegas yang lebih nyaman dari kasur pegas sebelumnya
![]() |
Tahap Orientasi Masalah |
2. Mengorganisasi Siswa
Pada tahap ini, guru menguatkan materi yang dipelajari dan mengarahkan siswa mempersiapkan percobaan
![]() |
Mengorganisasi siswa |
3. Melakukan Penyelidikan
Siswa berkolaborasi melakukan percobaan pada Laboratorium Maya Rumah Belajar menggunakan LKPD
![]() |
Mencoba lab maya |
4. Menyajikan Hasil Karya
Siswa berdiskusi dan menuliskan hasil percobaanya
![]() |
Siswa berdiskusi dan mempresentasikan hasil percobaan |
5. Menganalisis dan Evaluasi
Guru bersama siswa menyimpulkan percobaan dan menyelesaikan permasalahan yang diberikan diawal pembelajaran
![]() |
Menyelesaikan permasalahan diawal |
Pada kegiatan penutuh, adapun langkahnya
1. Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran saat itu dan melakukan refleksi
![]() |
Siswa melakukan refleksi |
2. Guru memberikan penugasan penilaian
![]() |
Penugasan penilaian |
3. Menyebutkan materi pertemuan berikutnya
![]() |
Guru menyebutkan materi pertemuan berikutnya |
4. Guru menutup pembelajaran
![]() |
Guru menutup pembelajaran |
Untuk lebih jelas dapat dilihat pada video best practice berikut ini:
adapun evaluasi yang saya dapatkan setelah pelaksanaan praktik baik ini yaitu:
- Peserta didik menjadi lebih kreatif dan kritis dalam mengikuti pembelajaran dan percobaan yang dilakukan
- Konsep materi lebih mudah dipahami dengan adanya fitur Lab Maya Rumah Belajar
- Dengan penerapan model pembelajaran problem based learning menjadikan konsep fisika lebih aplikatif pada kehidupan sehari-hari
Wassalamualaikum warohmatullah wabarokaatuh....
0 Komentar