Hai Sahabat Teknologi, kembali lagi di blog wahana edu bersama. Kali ini aku akan bercerita tentang pengalamanku melakukan praktik baik. Aku melakukan praktik baik di tempatku mengabdi yaitu SMAN 3 Tulang Bawng Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Aku melakukan praktik baik ini pada Rabu 19 Oktober 2023 pada kelas XI 1 Fase F. Materi yang aku ambil adalah Gerak Lurus Berubah Beraturan yang aku singkat menjadi MERANTI GERUS. Ini merupakan materi kelanjutan pertemuan sebelumnya yaitu Gerak Lurus Beraturan.
Aku mengambil materi ini karena materi ini cukup sulit dipahami sehingga perlu inovasi pembelajaran yang memudahkan peserta didik memahami materi GLBB ini. Ada banyak variabel yang harus dipahami beserta persamaannya selain adanya grafik yang dihasilkan dari hubungan antar variabel tersebut. Selain itu, aku merasa perlu adanya inovasi pemanfaatan gadget/HP peserta didik selama pembelajaran. Aku melihat peserta didik hanya menggunakan Gadget/HP nya hanya untuk kegiatan sosial media, bermain game, menonton ataupun kegiatan lainnya yang kurang relevan dengan pembelajaran. Aku pun kesulitan karena tidak adanya alat praktikum/percobaan di sekolah ku sehingga aku merasa perlu adanya inovasi dalam pembelajaran yang memanfaatkan percobaan secara virtual.
Berangkat dari beberapa latar belakang inilah akhirnya aku merancang sebuah inovasi pembelajaran yang akan aku lakukan. Aku menyiapkan perangkat yang dirasa perlu seperti modul ajar, media pembelajara, simulasi percobaan serta lembar kerja peserta didik dan lainnya. Adapun beberapa rancangan tersebut sebagai berikut:
Model Pembelajaran Problem Based Learning
Aku menggunakan model PBL lantaran menganggap model ini sangat tepat. Model ini mengatasi permasalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Ini cocok dengan materi GLBB dengan adanya permasalahan yang terjadi yaitu mobil yang menanjak dapat mundur. Sehingga peserta didik akan memahami permasalah ini dan mengetahui solusi yang tepat terhadap masalah tersebut. Pada model PBL ada beberapa sintaks yang harus dilakukan yaitu Orientasi, Pengorganisasian Peserta Didik, Penyelidikan, Menyajikan karya, analisis dan evaluasi.
Modul/RPP
Media Pembelajaran Inovatif Gerak Lurus (MERANTI GERUS)
Adapun Media Pembelajaran Inovatif ini aku buat menggunakan aplikasi Articulate Storyline. Aku mendesain aset-aset gambar di canva, mencari materi dari berbagai sumber yang relevan dan membuat video animasi menggunakan Animiz Animaker. Semua ini dijadikan satu menjadi sebuah MPI yang menarik untuk bisa digunakan peserta didik dalam pembelajaran Gerak Lurus Berubah Beraturan. Untuk memudahkan peserta didik dengan gaya belajar auditori, aku memberikan voice over sehingga peserta didik akan mudah memahami materi dari suara yang ada, sementara untuk anak visual akan mudah memahami MPI ini terlihat dari tampilan yang menarik, disertai grafik-grafik yang memudahkan pemahaman Gerak Lurus Berubah Beraturan dan tampilan seperti game yang sering peserta didik mainkan di Gadget/HP nya. MPI ini merupakan produk yang aku buat pada PembaTIK Level 3 2023.
Berikut MPI Gerak Lurus Berubah Beraturan yang saya beri nama MERANTI GERUS
kamu bisa mengakses MPI ini di Platform Merdeka Mengajar untuk diterapkan dalam pembelajaran MPI MERANTI GERUS DI PMM
bagi kamu yang tidak memilik akun belajar.id dapat menggunakan MPI ini pada link MPI MERANTI GERUS
Simulasi Percobaan
Aku menyiapkan simulasi percobaan secara virtual yang aku adopsi dari web ophysics.com
simulasi percobaan ini aku gunakan menggunakan panduan LKPD yang terdapat pada modul/RPP di awal tadi.
Tes Diagnostik Awal
Aku juga menyiapkan sumber tes diagnostik awal yang diadopsi dari web akupintar.id untuk mengetahui gaya belajar peserta didik. Hasil ini aku tulis secara manual di jurnal guru yang kemudian digunakan untuk mengelompokkan peserta didik sesuai gaya belajarnya masing-masing. sehingga mereka akan mudah memahami materi secara berkelompok.
Hasil Tes Gaya Belajar dengan Aku Pintar
Adapun praktik baik yang telah aku lakukan pada Rabu 18 Oktober 2023 adalah sebagai berikut:
Dari praktik baik yang telah aku lakukan, aku mendapatkan evaluasi yaitu:
Peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran menggunakan HP/Gadget
Peserta didik lebih terarah dan mudah memahami materi yang dipelajari
Hasil belajar peserta didik meningkat
MPI dapat diakses dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja
Student center
Peserta didik dapat bekerja sama dengan teman sekelompok dengan baik dan bertukar pikiran dalam aktivitas pembelajaran
Namun ada beberapa hambatan yang aku alami saat praktik baik yaitu koneksi internet yang naik turun dan mati listrik beberapa waktu. Ini terjadi lantaran ada kebakaran kebun karet yang tidak terlalu jauh dari sekolahku sehingga praktik baik ikut menjadi dampaknya.
Berikut presentasi praktik baik yang sudah saya siapkan untuk berbagi dan berkolaborasi bersama para Sahabat Teknologi lainnya
Itu dia tadi ceritaku tentang praktik baik yang telah aku lakukan di SMAN 3 Tulang Bawang Tengah Kelas XI Fase F pada materi GLBB menggunakan MPI di PMM dan model PBL. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa lagi di cerita lainnya.
0 Komentar