Praktik Baik RUJAK PEDES

Assalamu'alaikum warohamtullah wabarokaatuh.

Hai Sahabat Teknologi, kembali lagi di blog wahana edu bersama. Ini adalah tahun kelima saya mendapat kesempatan belajar di Pembatik Level 4. Senang banget rasanya karena masih bisa mendapat kesempatan untuk terus belajar terkait teknologi di Pembatik. Setiap tahun saya senang mengikuti pembatik karena disinilah saya bisa tertantang mengembangkan diri baik membuat video, audio ataupun Media Pembelajaran Interaktif. Rasanya lebih produktif mengikutinya.

Kali ini aku akan bercerita tentang pengalamanku menerapkan praktik baik RUJAK PEDES (Serunya Belajar Asyik Penerapan Hukum Archimedes) jenjang SMA Fase F mata pelajaran Fisika pada Kamis 17 Oktober 2024 di kelas XI 1 SMAN 3 Tulang Bawang Tengah Kab Tulang Bawang Barat. Pada praktik baik ini saya menyiapkan beberapa hal sebelum melakukan pembelajaran. Berangkat dari latar belakang perlunya pemanfaatan Gadget/HP yang telah dibawa peserta didik dalam pembelajaran dan gaya belajar peserta didik yang dominan V-K serta perlu adanya inovasi pembelajaran mengantisipasi tidak tersedianya alat laboratorium fisika maka saya merancang praktik baik RUJAK PEDES dimana menyiapkan pembelajaran dengan berbagai platform teknologi/digital. Salah satunya membuat MPI berbasis online yang saya biat menggunakan Articulate Storyline 3 yang saya kembangkan pada Pembatik Level 3 2024. Saya memilih materi fluida statis sub bab Penerapan Hukum Archimedes karena materi ini perlu visualisasi yang konkret agar peserta didik lebih memahami konsep dasarnya. Saya menyiapkan modul ajar, media dan LKPD yang akan digunakan dalam praktik baik. Adapun hal-hal yang aku persiapkan:

Modul Ajar Hukum Archimedes


Model Pembelajaran

Adapun model pembelajaran yang saya gunakan adalah Problem Based Learning yang berfokus pada penyelesaian masalah. Adapun masalah yang saya angkat adalah Mengapa kapal laut yang terbuat dari baja yang massanya beribu ton tidak tenggelam, sedangkkan batu yang kecil tenggelam? Dari masalah ini peserta didik akan memberikan hipotesis dan membuktikan apakah hipotesisnya tepat atau tidak.

 Media Ajar

Pada praktik baik ini, saya menggunakan beberapa Platform Teknologi/Digital dalam pembelajaran. Diantaranya

  • Google Site 
Saya membuat Google Site yang saya gunakan sebagai media utama pembelajaran. Seluruh media ajar saya sematkan di GSite agar memudahkan peserta didik belajar sesuai gaya belajarnya dan berpusat pada peserta didik. Pada Google Site kita bisa memilih Kelas XI dan materi Fluida

Berikut Google Site yang telah saya siapkan Kelas Bu Sarah - Edukatif Fisika 

  •  Media Pembelajaran Interaktif RUJAK PEDES (Serunya Belajar Asyik Penerapan Hukum Archimedes)
  • LKPD terintegrasi Phet Simulation MPI RUJAK PEDES

Adapun presentasi praktik baik RUJAK PEDES yang telah saya buat yaitu:


Berikut Vlog Praktik Baik RUJAK PEDES yang telah saya buat :


Adapun kegiatan berbagi dan berkolaborasi yang telah saya lakukan diantaranya :
  1. Kolaborasi SABARA
  2. Kolaborasi SIGER LAMPUNG
  3. Kolaborasi SAMBEL SERUIT DELAN
  4. Kolaborasi PIKNIK
  5. Kolaborasi BATIK NUSANTARA
  6. Kolaborasi SATE SERU!T
Itulah dia praktik baik RUJAK PEDES yang telah saya lakukan. Semoga menginspirasi dan bermanfaat untuk kita semua. Sampai ketemu di cerita lainnya. Semoga Pembatik Level 4 kali ini memberikan manfaat untuk kita semua.

Wassalamualaikum warohmatullah wabarokaatuh
Salam Merdeka Belajar!